Cara Mudah Menghafalkan Al-Qur'an ala Aisyah

12.43




Hai haaiii, Assalamu’alaikuum.. welcome back to avonturir gaeeess, thaks for always visiting yaah, don’t forget to subscribe ;) 
Dari shahabat ‘Utsman bin ‘Affan radhiallahu ‘anhu berkata, bahwa Rasulullah shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda : “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari Al-Qur`an dan mengajarkannya.” [Al-Bukhari 5027]
Dalam hadits di atas, terdapat dua amalan yang dapat membuat seorang muslim menjadi yang terbaik di antara saudara-saudaranya sesama muslim lainnya, yaitu belajar Al-Qur`an dan mengajarkan Al-Qur`an. Naah satelah nggak sengaja aku membaca hadist itu lagi di sticky notes Al-Qur’an ku, aku meniatkan untuk membuat postingan ini deeh. Walaupun hafalanku belum seberapa, tapi Alhamdulillah sudah terus bertambah dan bismillah bakalan terus bertambah setiap waktunya (aamiin).
Aku nulis postingan ini bukan buat apa-apa, hanya buat berbagi gimana pengalamanku buat ngehafalin Al-Qur’an selama ini, mungkin bisa berguna buat temen-temen yang ada niatan buat menghafal Al-Qur’an secara mendiri tapi belum nemuin metode yang cocok. Because every people have they own unic methods that will work with them, itu bisa kulihat sendiri dari seluruh keluargaku yang cenderung punya metode kami masing-masing.
Nah.. mungkin aja metode yang aku share ini bakalan cocok sama kalian, nggak ada salahnya buat nyoba kan :)

 
1.Apa yang harus kamu siapkan?
Buat aku, sebelum menghafal harus dalam keadaan pewe atau posisi wenak (haha) jadi kita nggak perlu kemana-mana setelah pikiran sudah focus ke Al-Qur’an, karena memfokuskan pikiran lagi itu bukan hal yang gampang haha
Pertama kamu harus punya: Al-Qur’an (yaiyalah)
Aku sendiri punya dua Al-Qur’an kesayangan, satu buat ngehafalin satu buat muroja’ah (mengulang hafalan biar nggak lupa) dan tilawah (ngaji). Al-Qur’an khusus untuk menghafalku adalah Al-Qur’an terjemah dengan terjemahan tiap ayat dan tiap kata, sedangkan Al-Qur’an untuk muroja’ah cukup dengan terjemah per ayat dan berukuran lebih kecil biar gampang dibawa kemana-mana.






Kedua kamu harus punya: Niat
Trust me, niat itu sangat ngat penting disini karena kita berhubungan langsung dengan kalamullah atau firman Allah. Menghafal Al-Qur’an bukan hal yang bisa dibercandain (eaa). Sebenernya hal ini susah loh walaupun kedengeran sepele, aku sendiri belum bisa ngejamin gimana niatku setiap ngehafalin Al-Qur’an. Tapi kalaupun kita nggak bisa atau nggak ‘sesuci itu’ buat niatin hanya untuk Allah ta’ala, minimal niatan kita harus baik, misal bukan buat pamer, atau buat dapetin cowok yang kebetulan suka sama cewek solihah. Gitu.
Ketiga kamu harus punya: Fasilitas pendukung
Kalau fasilitas ini sebenernya opsional siih, tapi buat aku yang harus pewe waktu mau ngafalin Al-Qur’an, fasilitas ini cukup berpengaruh. Aku sendiri biasanya minimal harus ada:
Satu. Lingkungan sekitar yang kondusif, ini termasuk fasilitas yang biasanya semua orang butuhin, harus tenang atau minimal nggak di tengah konser YoungLex (etdah yonglek).
Dua. botol air minum, yang bisa setiap saat ditenggak kalo tenggorokan kering.
Tiga. Smartphone, yang kegunaannya bakal aku jelasin di bawah nanti :)
Empat. Pensil, yang lagi-lagi fungsinya bakal aku jelasin dibawah :)

2. Persiapan menghafal
Nah waktu semua perlengkapan udah tersedia, kita juga harus nyiapin diri kita sendiri buat siap sedia nerima ilmu baru yang sangat murni ini. Persiapan yang bisa kamu lakuin adalah wudhu, berdo’a, dan tarik-hela nafas. Usahain waktu kita menenangkan diri, lepasin semua pikiran selama satu hari itu atau kemarin hari atau tahun lalu, karena orangtuaku pernah bilang waktu aku lagi mentok banget buat ngafalin:
“Kalau kamu mau menghafal Al-Qur’an, putuskan segala hubunganmu dengan dunia”  
Serem dengernya? Iya memang. Tapi memang itu salah satu kunci terpentingnya, jangan mikirin apapun selain Al-Qur’an. Jangan mikirin tugas kuliah, jangan mikirin tagihan hutang warteg, jangan mikirin cucian numpuk, karena hal-hal kayagitu bakalan Menuhin pikiranmu dan bikin ayat-ayat susah masuk.

3. Bacalah!
Sesuai dengan perintah Allah yang pertama, bacalah.. pertama-tama baca dulu ayat yang akan digafal, baca juga artinya. Mengapa? Karena sebelum menghafal, kita harus kenal dulu dengan ayatnya, minimal familiar di lidah. Dan kenapa membaca artinya juga? Buat aku pribadi arti dari suatu ayat bahkan kata sangat ngebatu buat ngafalinnya, karena kita secara nggak langsung juga bakalan mudeng sama apa maksud dari ayat itu, nggak Cuma sekedar bahasa arab yang nempel di kepala aja. Selain itu ini bakal ngemudahin kita kalau misal menemukan kata yang sama di ayat lain.
Disini juga kamu bisa mengira-ngira seberapa panjang penggalan kata yang mau kamu hafal. Misal kamu mau menghafal ayat yang panjangnya satu halaman penuh, kan nggak mungkin kamu mau ngehafalin lansung sepanjang itu, harus dipenggal-penggal biar gampang diulang-ulang, nah kamu bisa tandai penggalannya dengan pensil yang udah disiapin. Tips nya sih kalau bisa penggalannya sesuai sama artinya, gimana ya jelasinnya haha
Misal ayat “Ya ayyuhal lazina amanu kutiba alaykumus siyamu kama kutiba ‘allallazina min qablikum la’allakum tattaqun” (Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa). Memang termasuk ayat yang pendek, tapi kalau kalian susah menghafalnya bisa dipotong dengan “Ya ayyuhal lazina amanu | kutiba alaykumus siyamu | kama kutiba ‘allallazina min qablikum | la’allakum tattaqun” (Hai orang-orang yang beriman |  diwajibkan atas kamu berpuasa | sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu | agar kamu bertaqwa)




4. Dengarkanlah!
Aku ngelakuin ini karena aku termasuk yang sangat berhati-hati sama apa yang akan aku hafal, karena kalau aku pribadi, lebih susah buat ngebenerin hafalan yang udah terlanjur masuk otak. Karena itu aku harus ngedengerin dulu apa yang aka aku hafal, disini smartphone yang kita siapin berfungsi. Aku selalu memutar ayat yang akan dihafal berkali-kali sampe aku yakin makhorijul huruf (pelafalan) dan tajwid (panjang, pendek, aiueo) ku benar. Karena saying banget kan kalau sudah menghafal susah-susah tapi ternyata panjang-pendek tiap katanya salah dan harus dibenerin dari awal, apalagi kalau udah terlanjur hafal banget hahaha syedih syekali itu..

5. Ucapkanlah!
Ucapkan ayat yang sudah kamu penggal sebelumnya berkali-kali, ber-banyak sekali kalo bisa. Menurut metode Ustad Yusuf Mansyur yang dulu diajarkan waktu aku ikut program menghafal Al-Qur’an beliau, pengulangan bisa 5, 10, 20 bahkan 60 kali jika memang dibutuhkan. Setelah penggalan pertama hafal, lanjutkan ke penggalan kedua, setelah penggalan kedua hafal, ulangi dengan menggabungkan kedua penggalan itu.
Misalkan: ucapkan “Ya ayyuhal lazina amanu” sampai hafal, biasanya sekitar 10-15 kali. Setelah hafal, lanjutkan dengan menghafal “kutiba ‘alaykumus siyamu” sampai hafal. Setelahnya jangan langsung lanjut ke penggalan ketiga, tapi hafalkan kedua penggalan tersebut bersama-sama. “Ya ayyuhal lazina amanu kutiba ‘alaykumus siyamu”. Lanjutin metode itu sampe satu surat bisa kamu satukan.
Gunanya apa? Melakukan pengulangan ini bakal ngebantu kita buat menyatukan satu ayat itu, jadi nanti kita hafal keseluruhan ayat dari penggalan-penggalan kecil yang disatukan.

6. Tandai!
Kadang, selama kita menghafal ada aja kata yang bandel, susah nempel di kepala, atau ketuker-tuker sama bagian ayat lain. Nah si bandel ini perlu kita tandain, jadi kita bisa lebih aware kalo ketemu dia, lebih ‘men-spesialkan’ dia, biar dia jinak haha






7. Motivating yourself
Ininih yang paling berat, motivasi diri sendiri. Selalu ada momen dimana kita down, kita capek, kita pengen udah aja udah cukup, sedih halafan nggak nyangkut-nyangkut, pokoknya bakalan banyak dilema yang menghadang proses kita selama menghafal. Sayangnya nggak setiap saat kita bisa minta tolong orang lain buat motivasiin kita, saat itulah kita harus bisa motivasi diri sendiri.
Cara buat motivasi diri sendiri banyak, kalo aku sering nempel sticky notes tentang hadist atau ayat yang aku suka di Al-Qur’an, atau jalan-jalan buat ngelihat keidahan ciptaan-Nya sekaligus refresh otak. Kalau kalian mungkin mau nempel foto keluarga, atau nama kalian pake embel-embel ‘AL-Hafidz’, nonton video motivasi di youtube, banyak banget caranya. Tapii.. proses motivasi ini jangan lama-lama, ntar malah nggak ada waktu buat ngehafalin lagi -_-




Naaah itu tadii tips menghafal ala aischaca yang sebenernya hafalannya belum seberapa haha berani sekali aku bikin postingan kayagini ya..
Tapi ini pengalamanku, yang mungkin bisa membantu, karena sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian, kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran kan? Jadi apa salahnya kita saling berbagi untuk kebaikan :)
Buat kalian yang baca postingan ini, dan punya pengalaman lain, mungkin metode lain, atau tips tambahan, atau mungkin curhat tentang kesulitan menghafal, bisa ngobrol di komen yaah.
Sekian aja dari aku, semoga bermanfaat, wassalamu’alaikum..

You Might Also Like

6 comments

  1. Syukran kak tips nya semoga bisa memudahkan aku untuk menghafal Al-Quran :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, sama sama yaa.. semoga dimudahkan buat menghafal :)

      Hapus
  2. شُكْرًا كَثِيْرًا ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, sama sama yaa.. semoga dimudahkan buat menghafal :)

      Hapus
  3. subhanallah sangat mengisnpirasi (^^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah, makasiih.. semoga dimudahkan buat menghafal :)

      Hapus

Like us on Facebook

Flickr Images